kirim mobil about us kirim mobil lokasi kantor cannonex kirim mobil FAQ kirim mobil contact us
Pastikan Anda memiliki NOMOR TIKET dan dapat di verifikasi pada Menu Tracking
 
 
   
 
   
   
   
 
Tarif Angkutan Sumbar Naik 100%, Harga Barang Segera Melonjak JS Calendar (positioning test) Horizontal Image Scroller 3
Artikel
Petunjuk Transaksi Marine Cargo Insurance Tracking
       
 
 

Tarif Angkutan Sumbar Naik 100%, Harga Barang Segera Melonjak

Yonda Sisko - detikfinance
Padang - Harga barang di Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan akan segera melonjak menyusul naiknya tarif angkutan barang mencapai 100%. Diperlukan kebijakan yang komprehensif agar laju inflasi bisa ditekan.

Demikian disampaikan ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar, Asnawi Bahar, saat berbincang dengan detikFinance melalui telepon, Selasa (12/7/2011).

"Inflasi pasti terjadi. Kenaikan tarif angkutan yang mencapai 100 persen itu akan berdampak luas terhadap harga barang dan komoditi di Sumbar. Mana ada distributor yang mau rugi dengan tidak menaikkan harga jual sementara biaya angkut naik sampai lebih dua kali lipat?" Ujar Asnawi.

Kebijakan Organda Sumbar menaikkan tarif angkutan barang hingga 100 persen merupakan imbas dari kebijakan Pemprov Sumbar yang menerapkan aturan tonase secara ketat sejak 1 Juli lalu. Dampak kebijakan tersebut, jelas Asnawi, membuat biaya operasional angkutan jadi bertambah sehingga para pengusaha terpaksa menaikan tarif hingga di atas 100 persen.

"Kita tidak bisa mecegah kenaikan tarif itu karena pada kenyataannya biaya operasional mereka juga meningkat. Kita berharap pemerintah lebih mendalami lagi kebijakan tonase tersebut secara komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai dampak yang mungkin timbul di masyarakat," kata Asnawi.

Asnawi menjelaskan, naiknya tarif angkutan tersebut akan memicu terjadinya inflasi karena meningkatkan biaya keluar masuk barang ke Sumbar. Kondisi itu akan membuat distributor ikut menaikkan harga jual yang bisa berdampak terhadap lemahnya daya beli masyarakat.

"Apalagi sekarang saatnya masuk tahun ajaran dan menjelang bulan suci Ramadhan. Dalam kondisi normal saja, dua agenda tahunan itu jelas-jelas membuat harga sejumlah barang dan komoditi di pasaran naik. Apalagi ditambah dengan kenaikan tarif angkutan yang relatif besar seperti sekarang, daya beli masyarakat dipastikan akan makin lemah," kata dia.

Untuk menekan laju inflasi yang dipicu oleh kenaikan tarif angkutan tersebut, lanjut Asnawi, Pemprov Sumbar perlu untuk meninjau ulang kebijakan tonase yang kini diterapkan. Aturan tersebut, menurut dia, sebaiknya tidak diterapkan secara parsial di Sumbar saja namun juga harus sejalan dengan daerah lainnya.

"Kita harus lihat juga, apakah ketentuan tonase yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 itu juga telah diterapkan sama ketatnya dengan daerah lainnya di Indonesia. Undang-undang kan harus berlaku sama. Setahu saya, sejumlah daerah di Sumatera seperti Jambi, Riau dan Bengkulu belum menerapkannya. Ini bisa merugikan perekonomian Sumbar karena bisa memicu pengusaha truk menerbitkan KIR di daerah lain," kata dia.

Sementara itu, ribuan truk angkutan barang di Sumatera Barat (Sumbar) hari ini menggelar aksi mogok meminta aturan tonase yang diterapkan secara ketat oleh Pemprov Sumbar sejak 1 Juli lalu ditinjau ulang. Selain truk angkutan barang, aksi mogok yang meminta dispensasi 50 persen dari aturan tonase yang ditetapkan pemerintah itu juga diikuti truk pengangkut BBM, semen, serta CPO.

Berdasarkan pantauan detikFinance di kota Padang, aksi mogok dilakukan dengan memarkir kenderaan di sejumlah ruas jalan utama. Deretan truk, antara lain terlihat di sepanjang jalan Lubuk Begalung hingga kawasan Indarung Padang. Ratusan truk juga ditemukan berjejer di sepanjang jalan By Pass Padang.



(yon/dnl)


 
     
 
   
   
 
   
  021 - 877 877 51 (H)
0-812 812 812 50
0-812 812 812 90

0-813 813 813 98
0-813 813 813 57
   
   
 
   
  artikel kirim mobil
  knowledgebase kirim mobil
  harga mobil
   
 

Jam Kerja :

Office
Senin - Jumat

09.00 - 17.00

Sabtu
09.00 - 14.00

Sea Port / Pool
24jam x 7hari

   
   
 

         
       
         

Towing Truck Towing Truck Self Loader Truck Keadaan Gudang Mobil di Pelabuhan Persiapan sebelum muat ke kapal roro Briefing Sopir sebelum perjalanan darat Padang-Jakarta Briefing Sopir sebelum perjalanan darat Padang-Jakarta Armada truk tangki di dermaga sebelum pemuatan ke kapal roro Pemuatan ke kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Excavator di atas kapal LCT Alat berat (excavator) di dermaga Pemuatan alat berat di kapal LCT Container Office / portacamp diatas truk Kegiatan pemasangan cover terpal Container Office / portacamp diatas truk Pengiriman trailer truk Pemuatan kargo diatas truk Pengiriman kargo kawat gulung Pengiriman kargo plat gorong-gorong Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo pipa besi

PROGRAM AFFILIATE  
 

Apapun profesi Anda, pelajar, mahasiswa, pekerja formal/informal, PNS, dsb tanpa perlu menguasai produk kami dan tanpa biaya sepeserpun dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan (PASIVE INCOME) berupa KOMISI dengan menjadi member Affiliate CANNONex dan Anda akan mendapatkan satu login Affiliate Member untuk memonitor portfolio penghasilan Anda.    [ Read More ] 

 
   
 
   
KNOWLEDGEBASE
> Institute Cargo Clauses
> Daftar Pelabuhan Di Indonesia
> Kode Telepon Di Indonesia
> Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil
> Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil
> Contoh Perjanjian Pengiriman Barang
> Istilah Pelabuhan
ARTICLES
> Cara Aman Kirim Mobil
> Asuransi Kendaraan Bermotor
> Yamaha X-Ride Menguji Nyali Di Kaki Merapi
> Yamaha X-Ride Meluncur Resmi Di La Piazza
> 2 Bulan Lagi Yamaha Siapkan X-Ride Edisi Khus...
> Armada Truk Mogok Massal, Tanjung Perak Lumpu...
> Menkeu Keluhkan Tanjung Priok Tak Steril
 
Syarat dan Ketentuan Pengiriman