kirim mobil about us kirim mobil lokasi kantor cannonex kirim mobil FAQ kirim mobil contact us
Pastikan Anda memiliki NOMOR TIKET dan dapat di verifikasi pada Menu Tracking
 
 



   
 
   
   
   
 
Menengok Kiprah Kapal Kebanggaan Habibie Yang Tenggelam Di Priok JS Calendar (positioning test) Horizontal Image Scroller 3
Petunjuk Transaksi Marine Cargo Insurance Tracking
       
 
 

Menengok Kiprah Kapal Kebanggaan Habibie yang Tenggelam di Priok

Nograhany Widhi K - detikNews

Selasa, 17/01/2012 10:45 WIB

Jakarta - Kapal KLM Maruta Jaya-900 yang tenggelam di perairan Tanjung Priok pada Minggu (8/1) lalu merupakan kapal prototipe yang dikembangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Yuk kita tengok kiprah kapal yang digagas mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) BJ Habibie ini.

Dari situs BPPT, bppt.go.id, disebutkan Maruta Jaya 900 produksi PT PAL Indonesia ini didesain khusus sebagai kapal angkutan barang (Cargo Ship) yang hemat BBM dan ramah lingkungan yang mulai beroperasi secara resmi pada 20 Mei 1990 dan didesain mampu mengangkut kargo maksimal 900 ton.

Kapal ini juga mampu menghemat konsumsi BBM sampai 70% dibandingkan dengan kapal sejenisnya. Jika kapal sejenis mengkonsumsi BBM sekitar 3.000 liter/hari, KLM Maruta Jaya 900 hanya memerlukan 900 liter/hari. Tenaga angin digunakan sebagai tenaga penggerak utama kapal. Dengan penggunaan layar seluas 1.200 meter persegi yang terdiri dari 1 buah layar jib (jib sail) berbentuk segitiga yang terletak di bagian haluan (bowsprit), 2 buah layar utama (main sail) berbentuk segiempat yang masing -masing terpasang pada tiang utama (main mast) dan 1 buah layar mizzen (mizzen sail) yang tepasang pada tiang belakang dan dapat memberikan dorongan kekuatan laju kapal sampai dengan 9 knot pada saat cuaca normal.

Sementara dari situs songlinecruises.com, penyedia jasa turisme pesiar dengan kapal tradisional, Kapal Maruta Jaya ini merupakan prototipe kapal bertiang tinggi termuda di dunia, dibangun atas kerjasama dengan Hamburg University dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Pemilik Song Line Cruise dalam situsnya itu mengatakan bahwa kapal ini telah tersesat dari jalurnya yang seharusnya menjadi kapal klasik, harus berjuang mencari untung bagi operatornya, mengangkut semen dan minyak kelapa sawit dengan rute-rute pendek di Kepulauan Indonesia. Pemilik Song Line Cruise pula yang berkali-kali menawar untuk membeli kapal itu dan bermaksud menjadikannya kapal dengan misi filantropi.

"Akhirnya, dengan berkomunikasi cepat pada operator, dengan beberapa bantuan orang-orang dari Camden, Maine (rekanan Song Line Cruise di AS, red), dan uang yang kami miliki, kami akhirnya setuju mengambil KLM Maruta Jaya untuk membantu orang-orang di Sumatera Utara (pasca tsunami, red)," tulis pemilik Song Line Cruise.

KLM Maruta Jaya pun digunakan untuk misi Maine Windjammer Relief Effort, mengangkut bantuan bekerja sama dengan beberapa orang dari PT Admiral Lines, dan LSM internasional seperti, Care International, PBB, Save The Children, Amercare mengangkut bantuan logistik ke daerah-daerah berdampak tsunami. Foto-foto KLM Maruta Jaya saat misi pasca tsunami bisa dilihat di situs itu.

Sementara dari worldmaritimenews.com, menuliskan kapal ini sebagai Favorable Wind of The Seas, dalam artikel tanggal 21 November 2011. Kapal ini dibangun untuk melatih taruna-taruna laut dan turut berperan membantu pemulihan setelah tsunami melanda Indonesia pada 2004.

Dengan alasan yang tidak diketahui, penggunaan kapal ini sebagai kapal latih dihentikan. Kapal Maruta Jaya juga sempat digunakan untuk membantu ekskavasi pengangkatan kapal yang tenggelam di laut.

"Setelah operasi berakhir, kapal ini menjadi menganggur, dan diletakkan di pelabuhan Jakarta. Pemilik kapal, BPPT dengan Kemenko Kesra telah mencari solusi untuk merehabilitasi kapal," tulis World Maritime News.

Dalam visi dan misinya, masih dalam situs World Maritime News, kapal ini akan digunakan sebagai kapal latih, yang melatih para pemuda dan taruna laut untuk membangun karakter mereka. Kapal ini kini tergeletak di Pelabuhan Tanjung Priok, menunggu untuk masuk dok, dengan perbaikan pada layar dan meningkatkan kapasitas hingga 50 orang, untuk pelatihan pemuda dan pelatihnya.

Kapal ini rencananya mulai masuk dok pada Januari 2012 hingga April 2012. Setelah masuk dok, kapal itu akan berlayar menuju Morotai atau perairan Halmahera, tergantung pada iklim dan angin.


(nwk/nrl)



 
     
 
   
   
 
   
  021 - 877 877 51 (H)
0-812 812 812 90
0-812 812 812 50

0-813 813 813 98
0-813 813 813 57
   
   
 
   
  artikel kirim mobil
  knowledgebase kirim mobil
  harga mobil
   
 

Jam Kerja :

Office
Senin - Jumat

09.00 - 17.00

Sabtu
09.00 - 14.00

Sea Port / Pool
24jam x 7hari

   
   
 

         
       
         

Towing Truck Towing Truck Self Loader Truck Keadaan Gudang Mobil di Pelabuhan Persiapan sebelum muat ke kapal roro Briefing Sopir sebelum perjalanan darat Padang-Jakarta Briefing Sopir sebelum perjalanan darat Padang-Jakarta Armada truk tangki di dermaga sebelum pemuatan ke kapal roro Pemuatan ke kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Excavator di atas kapal LCT Alat berat (excavator) di dermaga Pemuatan alat berat di kapal LCT Container Office / portacamp diatas truk Kegiatan pemasangan cover terpal Container Office / portacamp diatas truk Pengiriman trailer truk Pemuatan kargo diatas truk Pengiriman kargo kawat gulung Pengiriman kargo plat gorong-gorong Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo pipa besi

PROGRAM AFFILIATE  
 

Apapun profesi Anda, pelajar, mahasiswa, pekerja formal/informal, PNS, dsb tanpa perlu menguasai produk kami dan tanpa biaya sepeserpun dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan (PASIVE INCOME) berupa KOMISI dengan menjadi member Affiliate CANNONex dan Anda akan mendapatkan satu login Affiliate Member untuk memonitor portfolio penghasilan Anda.    [ Read More ] 

 
   
 
   
KNOWLEDGEBASE
> Institute Cargo Clauses
> Daftar Pelabuhan Di Indonesia
> Kode Telepon Di Indonesia
> Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil
> Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil
> Contoh Perjanjian Pengiriman Barang
> Istilah Pelabuhan
ARTICLES
> Cara Aman Kirim Mobil
> Asuransi Kendaraan Bermotor
> Yamaha X-Ride Menguji Nyali Di Kaki Merapi
> Yamaha X-Ride Meluncur Resmi Di La Piazza
> 2 Bulan Lagi Yamaha Siapkan X-Ride Edisi Khus...
> Armada Truk Mogok Massal, Tanjung Perak Lumpu...
> Menkeu Keluhkan Tanjung Priok Tak Steril
 
Syarat dan Ketentuan Pengiriman