kirim mobil about us kirim mobil lokasi kantor cannonex kirim mobil FAQ kirim mobil contact us
Pastikan Anda memiliki NOMOR TIKET dan dapat di verifikasi pada Menu Tracking
 
 
   
 
   
   
   
 
Korean Air Memperlakukan Hewan Hidup Sebagai "Frozen Seafood" JS Calendar (positioning test) Horizontal Image Scroller 3
Petunjuk Transaksi Marine Cargo Insurance Tracking
       
 
 

Kamis, 04/06/2009 09:59 WIB
Korean Air Memperlakukan Hewan Hidup Sebagai "Frozen Seafood"
Felix Adhi Pramono - suaraPembaca



Jakarta - Tanggal 19 Mei 2009 saya mengirim kelomang dengan Korean Air (KE) melalui jasa Royal Cargo Courier. Lalu, connect di Incheon untuk selanjutnya diterbangkan ke Washington DC. Sudah di-declare sebagai live animals.

Sesampai di Dulles International Airport (IAD), hampir 100% kelomang tersebut mati karena disatukan dengan frozen seafood (padahal jelas-jelas ada "live animals").

Saya memang akan menuntut KE karena kelalaian ini. Terlebih karena manajer kantor perwakilan KE Cargo di Washington DC menyalahkan bahwa saya tidak meng-advise bahwa harus diletakkan di-pressurized dan temperature-controlled cargo hold.

Dengan sangat tidak sopan dia juga bertanya kepada penerima kiriman, "has he paid for this rate?" ("apakah dia - maksudnya saya, Felix Wang - sudah membayar lunas harga pengirimannya?"). Padahal jelas tertulis "Freight Prepaid".

Saya tidak bisa mengerti bukankah namanya cargo personnel entah di Soekarno Hatta International Airport (CGK) maupun Incheon (ICN) harusnya tahu bahwa yang namanya live animals (apalagi ini hewan tropik) 'harus' berada pada cargo compartment yang bertekanan dan pada suhu tertentu seperti kabin pax?

Misalnya kalau saya kirim anjing atau kucing tetapi saya atau cargo agent tidak mengatakan bahwa hewan tersebut harus berada pada suhu X sampai dengan Y derajat maka akan dianggap sebagai benda mati.

Fakta yang ada:
1. Packing sudah sangat baik (lebih dari standar) - sebelum ini pernah ada eksportir lain yang mengirim via KE dengan kondisi packing yang jauh lebih "menyiksa" hewan ini (super crowded di dalam karung). Bukan hanya sekali tetapi beberapa kali dan sampai dengan selamat di USA (menurut catatan klien saya death on arrival tertinggi saat ini 15% - itu juga bukan karena pengepakan yang kurang baik.

Namun, lantaran hewannya sudah tak sehat dari Indonesia lantaran kondisi pemeliharaan yang jorok dan asal-asalan). Oleh karena itu saya tidak ragu waktu cargo agent memberikan rate KE. Dan jelas-jelas sebelum berangkat sudah dicek oleh agen kargo dan karantina bahwa hewan-hewan tersebut hidup dan dalam keadaan sehat.

2. Bulan Januari lalu saya mengirim hewan yang sama (dengan jumlah yang lebih besar) dengan China Airlines ke Miami. 100% hidup ketika sampai (padahal kalau dihitung waktu yang ditempuh para kelomang dalam kemasan lebih lama karena berangkat dari CGK siang hari. Transit di Taipei lebih lama).

Saat pertama kali saya menggunakan agen kargo tersebut memang saya agak cerewet minta mereka memastikan bahwa live animals akan diperlakukan sebagaimana mestinya dalam pengiriman. Termasuk apakah cargo compartment situasinya seperti dalam kabin pax. Untuk kedua kalinya (dengan KE), agen kargo mengatakan bahwa mereka sudah reserve dan memastikan hal yang sama kepada pengangkut walaupun tidak saya minta.

E-mail dari penerima:

Hello Felix,
I know it's KE's fault! When Inspector French's investigation found out they were shipped as cold Seafood, it didn't make me feel any better, it just made me more "MAD" at Korean Air. Those poor wonderful Hermit crabs were so cold their shells were cracking in half. "Not to mention that they are so intelligent that they bailed the water out of their shells and released all the liquids from their bodies, to keep from freezing. This in itself is utter genius! These crabs are not like other Decapods, the Coenobida family is of its own family and thinks more like a Mammal's and nothing like a Crustacean. Land hermit crabs and Coconut crabs are very cool creatures". U.S. Fish & Wildlife would like to see a copy of the original airway bill from your Air Agent to find out if KE broke IATA regulations and if so, the fine would be very high. The color of the Blueberries has been effected by the cold and some are buried deep into the sand. The film coating that was on all of their shells, tells us how some of them struggled to live and others died" My passion for the Land hermit crab has become stronger than ever and unconditional, to unfettered. I know 100% KE is in the wrong, because we had this happen about ten years ago with Amerijet and being the only thing to ship cargo at a reasonable rate out of Haiti they just told us to screw ourselves". But such is life, always look out for number one and don't step in number two".


Dari informasi agen kargo perwakilan KE Cargo di Jakarta tetap ngotot karena agen tidak memberitahukan temperatur yang diinginkan. Dan sampai hari ini juga tidak ada permintaan maaf dari KE.

Intinya tugas saya sebagai customer hanyalah packing dengan benar. Advise kepada pengangkut bahwa ini adalah live animals (plus juga saya sudah pernah info dalam pengiriman sebelumnya ke agen sehubungan dengan suhu yang diperlukan), melengkapi dokumen yang diperlukan, dan membayar tentunya.

Tugas airline adalah untuk tahu bagaimana memperlakukan kargo hewan hidup sesuai jenis hewannya --that was I paid for ... and of course, I paid higher per kg than regular cargo since it's live animals.

Kenyataan yang ada saat ini:
1. Staf KE salah menempatkan binatang hidup bareng frozen seafood.

2. KE berdalih bahwa tidak diberi tahu berapa suhu udara yang disyaratkan(padahal setahu saya eksportir lain juga sudah pernah menggunakan jasa KE dalam mengirim kelomang ke USA. Jadi non-sense mereka tidak tahu berapa suhu yang diperlukan mereka (Korean Air) harus tanya kepada Royal Cargo Courier (agen) mengenai berapa suhu yang layak kalau mereka tidak tahu atau ragu-ragu dan mereka (agen kargo) sudah well informed dari saya mengenai temperatur.

Buat apa disediakan nomor telepon kalau mereka asal taruh saja kan. That's what I paid more for ... (bila dibandingkan dengan kargo benda mati atau general cargo). Itulah namanya pelayanan tapi kalau KE Cargo memang mentalnya mau terima duit tetapi segala sesuatunya "just do it".

Tidak terbayang seandainya ada orang yang masih baru menggeluti bisnis hewan ini. Bukan expert seperti saya. Dia baru pertama kali mau mengekspor kelomang. Tidak tahu apa saja yang harus diberitahukan kepada pengangkut. Si agen kargo(seandainya nih) juga baru pertama kali meng-handle pengiriman satwa ini.

Berarti KE akan sedemikian ignorant untuk memastikan atau memverifikasi sehubungan dengan kondisi temperatur yang layak bagi live animals yang dikirim kepada agen atau pengirim. Alias mau duitnya saja. Alamak.



 
     
 
   
   
 
   
  021 - 877 877 51 (H)
0-812 812 812 50
0-812 812 812 90

0-813 813 813 98
0-813 813 813 57
   
   
 
   
  artikel kirim mobil
  knowledgebase kirim mobil
  harga mobil
   
 

Jam Kerja :

Office
Senin - Jumat

09.00 - 17.00

Sabtu
09.00 - 14.00

Sea Port / Pool
24jam x 7hari

   
   
 

         
       
         

Towing Truck Towing Truck Self Loader Truck Keadaan Gudang Mobil di Pelabuhan Persiapan sebelum muat ke kapal roro Briefing Sopir sebelum perjalanan darat Padang-Jakarta Briefing Sopir sebelum perjalanan darat Padang-Jakarta Armada truk tangki di dermaga sebelum pemuatan ke kapal roro Pemuatan ke kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Kegiatan bongkar dari kapal roro Excavator di atas kapal LCT Alat berat (excavator) di dermaga Pemuatan alat berat di kapal LCT Container Office / portacamp diatas truk Kegiatan pemasangan cover terpal Container Office / portacamp diatas truk Pengiriman trailer truk Pemuatan kargo diatas truk Pengiriman kargo kawat gulung Pengiriman kargo plat gorong-gorong Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo mesin batubara Pengiriman kargo pipa besi

PROGRAM AFFILIATE  
 

Apapun profesi Anda, pelajar, mahasiswa, pekerja formal/informal, PNS, dsb tanpa perlu menguasai produk kami dan tanpa biaya sepeserpun dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan (PASIVE INCOME) berupa KOMISI dengan menjadi member Affiliate CANNONex dan Anda akan mendapatkan satu login Affiliate Member untuk memonitor portfolio penghasilan Anda.    [ Read More ] 

 
   
 
   
KNOWLEDGEBASE
> Institute Cargo Clauses
> Daftar Pelabuhan Di Indonesia
> Kode Telepon Di Indonesia
> Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil
> Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil
> Contoh Perjanjian Pengiriman Barang
> Istilah Pelabuhan
ARTICLES
> Cara Aman Kirim Mobil
> Asuransi Kendaraan Bermotor
> Yamaha X-Ride Menguji Nyali Di Kaki Merapi
> Yamaha X-Ride Meluncur Resmi Di La Piazza
> 2 Bulan Lagi Yamaha Siapkan X-Ride Edisi Khus...
> Armada Truk Mogok Massal, Tanjung Perak Lumpu...
> Menkeu Keluhkan Tanjung Priok Tak Steril
 
Syarat dan Ketentuan Pengiriman