SYARAT DAN KETENTUAN PENGIRIMAN

PT CANNONex INDONESIA

DEFINISI

  1. PT CANNONex INDONESIA merupakan Perseroan Terbatas (PT) yang didirikan berdasarkan hukum di Indonesia dan dalam hal ini disebut (disingkat) dengan nama CANNONex.
    CANNONex merupakan pihak yang menjual jasa layanan pengiriman kendaraan/barang, dalam kondisi tertentu CANNONex berhak untuk meneruskan proses pengirimannya kepada agen perwakilan/vendor yang telah bekerja sama.
  2. Konsumen merupakan pihak yang membeli jasa CANNONex berupa layanan pengiriman kendaraan/barang.  Dalam hal ini konsumen bisa juga sebagai pemilik barang atau pihak lain yang diberi kuasa/tugas secara tertulis maupun tidak tertulis oleh pemilik barang.
  3. ORDER ONLINE adalah transaksi elektronik pemesanan pengiriman kendaraan/barang yang dilakukan oleh konsumen/Pemilik Barang kepada PT CANNONex INDONESIA melalui situs www.cannonex.co.id. Order Online ini sama kekuatan hukumnya seperti dokumen SPK (Surat Perintah Kerja), P.O. (Purchasing Order) atau semacamnya.
  4. ORDER OFFLINE merupakan :
    • Pemesanan dengan cara menghubungi petugas Call Center CANNONex melalui telepon, sms, fax, e-mail dan yahoo messenger (YM) serta media komunikasi lainnya
    • Pemesanan melalui petugas marketing CANNONex
    • Pemesanan pada saat berkunjung ke kantor CANNONex atau Agen Perwakilan CANNONex
  5. KOLI adalah satuan jumlah barang dan ada kemungkinan dalam satu koli didalamnya terdapat beberapa barang.


UMUM

  1. Setiap Konsumen sebelum melakukan transaksi pengiriman kendaraan/barang wajib membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Pengiriman dari PT CANNONex INDONESIA, jika Konsumen tidak membaca Syarat dan Ketentuan ini maka konsumen dianggap telah membaca, memahami dan menyetujuinya.
  2. Segala ketentuan Prosedur Transaksi Online yang terdapat pada situs www.cannonex.co.id merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan Pengiriman ini, dan oleh karenanya berlaku serta mengikat CANNONex dan Konsumen.
  3. Konsumen dengan ini menyatakan telah berusia 18 tahun ke atas, atau bagi yang belum berusia 18 tahun, dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dianggap telah mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali, dimana konsumen menyatakan tidak berada dibawah pengampuan, dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani dan tidak berada dalam paksaan/tekanan, serta cakap untuk bertindak sebagai subyek hukum dalam melakukan perjanjian sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku di Indonesia.
  4. Transaksi Online serta Syarat dan Ketentuan Pengiriman ini tunduk pada yurisdiksi dan hukum yang berlaku di Indonesia dengan memilih domisili hukum pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
  5. Konsumen dilarang mengirim kendaraan/barang ilegal seperti hasil dari kejahatan, dsb. Jika kendaraan/barang yang dikirim adalah ilegal maka CANNONex tidak bertanggungjawab dan hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab dari Konsumen.
  6. Khusus pengiriman kendaraan roda >3  (mobil, bus, truk, dsbnya), Konsumen dilarang memasukkan barang-barang lain kedalam kendaraan, termasuk barang-barang perabotan/barang pindahan, barang-barang ilegal, binatang,  dan barang berbahaya seperti korek api/gas, tabung elpigi, dsbnya di dalam kendaraan / barang kargo yang dikirim dan jika terdapat barang-barang tersebut maka CANNONex tidak bertanggungjawab dan hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab dari Konsumen.
  7. CANNONex berhak menolak order atau membatalkan pengiriman secara sepihak jika dicurigai kendaraan/barang yang dikirim tersebut ilegal atau terdapat barang muatan atau terdapat binatang.
  8. CANNONex tunduk kepada Peraturan Pemerintah RI No. 40 tahun 1995 yang mengatur dan membatasi tanggung jawab atas ganti rugi kehilangan, kerusakan dan keterlambatan yang disebabkan kesalahan CANNONex beserta agen perwakilan/vendor.
  9. CANNONex tidak bertanggung jawab atas hal-hal semua resiko tekhnis selama dalam pengangkutan/pengiriman yang menyebabkan barang yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsinya baik yang menyangkut mesin atau barang-barang elektronik dan sejenisnya.
  10. CANNONex tidak bertanggung jawab atas kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan akibat dari kehilangan kerusakan maupun akibat keterlambatan penyerahan kendaraan/barang yang dikirim.
  11. CANNONex tidak bertanggung jawab atas kerusakan, keterlambatan atau kehilangan karena keadaan memaksa (Force Majeure) namun tidak terbatas pada huru hara, bencana alam, perang dan pembajakan.
  12. CANNONex tidak bertanggung jawab dan dibebaskan dari tanggung jawab dan segala jeratan hukum atas penahanan dan penyitaan serta pemusnahan terhadap kiriman oleh instansi pemerintah terkait (Bea Cukai, P2, Karantina, Kepolisian, Kejaksaan dan lain sebagainya) sebagai akibat hukum dari keberadaan jenis kiriman yang bersangkutan, dan segala akibat hukum dari pengiriman barang merupakan tanggung jawab Konsumen.
  13. Apabila terjadi sengketa yang timbul akibat dari Transaksi Pengiriman baik dilakukan secara online maupun offline akan diselesaikan secara musyawarah dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan Pengiriman ini dan dengan ini Konsumen/Pemilik Barang menyatakan tidak akan mengajukan tuntutan dalam bentuk apapun, baik secara perdata maupun pidana kepada CANNONex.
  14. Konsumen dengan ini berjanji dan menyatakan membebaskan CANNONex dari segala tuntutan hukum, termasuk dari tuntutan Pihak Ketiga serta ganti rugi apapun dan darimanapun yang diakibatkan dari pengiriman ini.

ORDER dan PENGIRIMAN

  1. ORDER pengiriman kendaraan/barang dapat dilakukan secara online maupun offline.
  2. Untuk Order Online konsumen akan mendapatkan satu lembar Tiket bernomor yang dapat dicetak/print dan lembar Tiket ini tidak diperlukan tandatangan pejabat CANNONex karena dihasilkan secara sistem.
  3. Setiap order pengiriman baik secara online maupun offline, Konsumen berhak mendapatkan Nomor Tiket dan dapat di verifikasi pada menu Tracking melalui situs www.cannonex.co.id.
  4. Setiap order pengiriman, Konsumen bersedia memberikan data yang benar dan dokumen yang diperlukan.
  5. Sebagian tarif/harga pengiriman telah di-publish CANNONex di situs www.cannonex.co.id dan jika tarif yang diinginkan Konsumen tidak ada pada situs tersebut, maka konsumen dapat menghubungi Call Center CANNONex.
  6. Jika setelah konsumen melakukan order namun kendaraan/barang yang akan dikirim belum diambil/di-pickup terjadi perubahan tarif oleh CANNONex akibat perubahan biaya dari pihak ketiga yang bekerjasama dengan CANNONex atau karena kesalahan pemberian tarif atau kesalahan perhitungan dimensi/berat maka CANNONex dapat membatalkan order tersebut secara sepihak namun akan diinformasikan dan dikoordinasikan terlebih dahulu ke Konsumen. Sedangkan jika perubahan tersebut terjadi setelah kendaraan/barang yang dikirim telah diambil/pickup maka penyesuaian tarif tersebut akan dibicarakan secara kekeluargaan antara CANNONex dengan Konsumen.
  7. Untuk pengiriman kendaraan bermotor dengan menggunakan perjalanan kapal laut, pastikan BBM kendaraan diisi secukupnya hanya untuk keperluan perjalanan darat (pickup di kota asal dan pengantaran di kota tujuan), karena BBM yang berlebih akan dikurangi sebelum kendaraan dimuat di atas kapal.
  8. Jadwal pengambilan kendaraan/barang akan disesuaikan antara rencana kirim dari Konsumen dengan jadwal moda transportasi terkait (kapal laut/car carrier truck/ towing truck).  Jika terjadi perubahan jadwal moda transportasi karena berbagai penyebab baik sebelum maupun sesudah kendaraan/barang diambil/di-pickup maka akan diinformasikan ke Konsumen dan dalam hal ini konsumen telah memahami dan memaklumi kondisi tersebut (pelajari FAQ).
  9. Khusus untuk pengiriman kendaraan bermotor yang di dalamnya terdapat barang-barang seperti kacamata, CD, flashdisk, gantungan kunci, payung, kanebo,  dsbnya maka ketentuannya sbb :
    • Barang-barang tersebut dianggap sebagai barang titipan dan CANNONex tidak bertanggungjawab jika terjadi kerusakan/kehilangan dan Konsumen tidak bisa menuntut ke CANNONex terhadap kerusakan/kehilangan tersebut.
    • Jika terjadi sesuatu resiko akibat barang titipan tersebut seperti terbakar di dalam kapal atau kejadian lain yang menimbulkan kerugian pihak lain, maka segala resiko dan biaya yang timbul sepenuhnya menjadi tanggung jawab Konsumen dan membebaskan CANNONex dari tuntutan pihak manapun.
    • Jika pada saat bongkar/muat barang titipan dari/ke dalam kendaraan yg dikirim terjadi kerusakan body eksterior maupun interior kendaraan tersebut atau akibat guncangan selama perjalanan atau sebab lainnya, maka CANNONex tidak dapat dituntut dan tidak bisa dimintai pertanggungjawaban.
  10. Serah terima kendaraan/barang pada saat pengambilan di kota asal dan pengantaran di kota tujuan harus menggunakan dokumen serah terima yang ditentukan oleh CANNONex yaitu form Cecklist Kendaraan / Surat Jalan CANNONex dan dilakukan oleh kedua belah pihak (CANNONex dan Konsumen). Jika terdapat cacat terhadap kendaraan/barang yang dikirim maka wajib dicantumkan dalam form tersebut.

PEMBAYARAN

  1. Konsumen melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada lembar Tiket atau Faktur Tagihan dan jika terdapat nominal KODE UNIK dimaksudkan untuk memudahkan kami dalam mengidentifikasi pembayaran Anda pada rekening bank CANNONex.
  2. Pembayaran dilakukan sebelum pelaksanaan pengambilan/pickup kendaraan/barang yang dikirim.
  3. CANNONex menyediakan beberapa pilihan pembayaran sbb :
    • Transfer ke rekening bank atas nama PT CANNONex INDONESIA
    • Cek/BG
    • Pembayaran secara tunai hanya dapat diterima di kantor CANNONex Jakarta dengan cara  Konsumen datang langsung ke Bagian Keuangan kantor CANNONex di Jakarta, sedangkan untuk konsumen yang berdomisili di luar Jakarta hanya diperkenankan dengan cara transfer.
  4. Pembayaran dapat diakui setelah dana efektif masuk ke rekening CANNONex.
  5. Konsumen disarankan untuk menyimpan bukti transfer sebagai bukti yang sah telah melakukan pembayaran ke CANNONex.
  6. Konsumen tidak diperkenankan untuk melakukan pembayaran secara tunai kepada petugas CANNONex yang melakukan pengambilan/pickup, petugas marketing atau selain petugas bagian keuangan.
  7. Pembayaran hanya diterima dalam mata uang Rupiah (IDR)
  8. Pembayaran yang tidak menyertakan nominal KODE UNIK, maka Konsumen wajib menginformasikan pembayaran tersebut ke CANNONex melalui SMS / Telepon ke Call Center atau E-mail ke support@cannonex.co.id
  9. Secara default nominal yang tertera pada tiket/faktur tagihan tidak menggunakan PPN atau pajak lainnya, namun jika konsumen menginginkan dimasukkan PPN atau pajak lainnya maka harus menginformasikan ke CANNONex agar tiket/faktur tagihan tersebut disesuaikan.
  10. Jika pembayaran tagihan, konsumen mengenakan potongan PPH Pasal 23 maka paling lambat 7 hari setelah pembayaran Konsumen wajib mengirimkan bukti potong PPH Pasal 23 tersebut kepada CANNONex dan jika Konsumen tidak mengirimkan bukti potong tersebut maka CANNONex berhak menagih kekurangan pembayaran sebesar potongan PPH Pasal 23 tersebut kepada konsumen.
  11. Keterlambatan pembayaran maka CANNONex berhak mengenakan denda keterlambatan terhitung setelah jatuh tempo termijn sbb :
    • 10% dari tagihan untuk keterlambatan < 1 bulan setelah jatuh tempo termijn
    • 1% per hari + 20% dari tagihan untuk keterlambatan > 1 bulan setelah jatuh tempo termijn

 

LARANGAN

CANNONex berhak menolak untuk melayani pengiriman barang berupa :

  1. Uang, Dokumen, Surat-Surat berharga (Cek, Bilyet giro, Saham, Dsb)
  2. Perhiasan mewah, berlian atau sejenisnya
  3. Barang-barang yang mudah meledak, beracun atau barang yang mudah merusak barang lainnya
  4. Segala bentuk obat-obatan terlarang seperti narkotika, ganja, morphin, heroin dan zat psikotropika lainnya
  5. Barang-barang cetakan, Rekaman dan lainnya yang isinya melanggar norma kesusilaan atau berhubungan dengan politik yang dilarang secara hukum di Negara Indonesia
  6. Barang-barang untuk bisnis perjudian
  7. Segala jenis senjata, baik berupa replika senjata tajam, senjata api mainan, senjata api dengan gas adalah barang terlarang

 

ASURANSI DAN KLAIM

  1. Untuk mengcover resiko selama pengiriman maka kendaraan/barang kargo yang dikirim wajib diasuransikan (Marine Cargo Insurance). Jika kendaraan/barang kargo yang dikirim tidak diasuransikan maka resiko selama pengiriman menjadi tanggungjawab dari konsumen.
  2. Jika konsumen mengasuransikan kendaraan/barang kargo yang dikirim ke CANNONex maka dengan demikian konsumen telah menyetujui ketentuan dan peraturan yang tercantum pada OPEN POLICY : MOP/TM/15/161.
  3. Premi asuransi dibayar oleh konsumen.
  4. Nilai pertanggungan disesuaikan dengan Nilai Pasar dari barang/kendaraan yang dikirim dan jika terjadi klaim kemudian nilai pertanggungan kenyataannya lebih kecil dari Nilai Pasar dari barang/kendaraan yang dikirim maka pihak asuransi mengganti sesuai dengan Nilai Pertanggungan, namun jika nilai pertanggungan kenyataannya lebih besar dari Nilai Pasar dari barang/kendaraan yang dikirim maka pihak asuransi akan mengganti sesuai dengan Nilai Pasar.
  5. Pertanggungan asuransi terhitung mulai berlaku setelah serah terima kendaraan/barang pada saat pengambilan dan berakhir pada saat serah terima kendaraan/barang di lokasi tujuan.
  6. Pihak asuransi akan memotong dana klaim yang disetujui untuk dicairkan yaitu berupa Deductible / Own Risk (OR) dan besarnya ditentukan oleh pihak asuransi (pada umumnya sekitar 5% s/d 10%).
  7. Prosedur klaim tetap mengacu pada Ketentuan klaim sesuai polis asuransi yang diterima.
  8. Dalam hal klaim, Konsumen bersedia dimintai keterangan dan dokumen yang dibutuhkan.
  9. Apabila barang-barang yang dikirim yang sebelumnya telah dideskripsikan konsumen tidak sesuai/berbeda dengan kenyataannya, maka CANNONex berhak menolak untuk memproses klaim ke pihak asuransi.

 

 

--- o0o ---

;